Blog Adat Tradisional

Tari Cokek Asal Betawi : Sejarah, Gerakan, Video, dan Penjelasannya

Tari Cokek adalah sebuah tari tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Betawi, DKI Jakarta. Tarian ini lahir dari akulturasi budaya Tionghoa dan budaya Betawi pada masa silam. Asal usul tarian ini diperkirakan bermula ketika ada seorang tuan tanah keturunan Tionghoa, bernama Tan Sio Kek yang kerap mengadakan pesta di rumahnya. Pesta ini menyuguhkan permainan musik khas Tionghoa dengan instrumen seperti rebab 2 dawai yang dipadukan dengan alat musik tradisional Betawi, seperti suling, gong, dan kendang. Dari permainan musik ini, para tamu yang datang ikut menari mengikuti irama dari tetabuhan yang dimainkan, sehingga lambat laun terciptalah tarian yang bernama Cokek ini.

Tari Cokek

Nama Cokek pada tarian ini diperkirakan berasal dari nama selendang yang digunakan dalam tarian. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa nama tersebut berasal dari nama si tuan tanah, Tan Sio Kek yang dalam pelafalan Betawi lebih nyaman di sebut Sokek atau Cokek.

Tari Cokek Asal Betawi

Terlepas dari mana sebetulnya nama Cokek diperoleh, yang jelas kini tari Cokek masih tetap eksis khususnya dalam budaya masyarakat Betawi, baik yang ada di DKI Jakarta maupun yang bermukim di daerah Tangerang Selatan dan sekitarnya.

1. Tema dan Makna Filosofi

Selain sebagai sarana hiburan, kini fungsi tari Cokek kini bergeser menjadi tari ucapan selamat datang bagi tamu. Tak heran bila karena fungsi ini, tari cokek kerap dipentaskan ketika ada acara hajatan sebagai sarana penghormatan bagi tamu yang datang.


2. Gerakan Tari Cokek

Tari cokek diawali dengan wawayangan atau alunan musik gambang kromong yang mengiringi masuknya para penari wanita ke atas panggung. Di awal tarian, para penari bergerak maju mundur silih berganti sembari merentangkan tangan setinggi bahu mengikuti irama musik. Gerakan ini dilanjutkan dengan ragam gerakan lain hingga salah satu penari utama mengajak tamu yang hadir untuk ikut menari dengan mengalungkan selendang yang dibawanya ke leher tamu tersebut. Tamu yang mendapat giliran pertama biasanya adalah tamu yang paling terhormat. Selengkapnya tentang gerakan-gerakan tari Cokek ini bisa Anda lihat pada video berikut:



3. Iringan Tari

Tari cokek asal Betawi diiringi oleh permainan alat musik tradisional Betawi, yaitu gambang kromong. Gambang kromong sendiri terdiri dari beberapa instrumen alat musik, misalnya gambang, kromong, suling, gong, gendang, kecrek, dan sukong, tehyan, atau kongahyan.

4. Setting Panggung

Dalam pementasan tari cokek, panggung disetting sedemikian rupa agar terkesan luas. Hal ini mengingat nantinya selain diisi oleh para penari, panggung juga bisa diisi oleh para tamu yang diajak menari (ngibing).

Para pemain musik gambang kromong yang biasanya terdiri dari 7 orang, kerap berada di bagian belakang atau samping panggung secara berkelompok. Sementara para penarinya yang bisa terdiri dari 5 sd 10 wanita berjajar di atas panggung mengikuti setiap ritme dan irama yang dibawakan para pemusik.
Gerakan Tari Serampang Dua Belas
Gerakan Tari Tanggai asal Sumatera Selatan
Gerakan Tari Gandrung Banyuwangi

5. Tata Rias dan Tata Busana

Para penari cokek umumnya akan dirias terlebih dahulu sebelum naik panggung. Rambut mereka disisir rapi ke belakang, dikuncir, atau disanggul lengkap dengan hiasan kembang goyang atau hiasan kepala burung hong. Untuk busananya, mereka mengenakan baju adat Betawi yang terdiri dari baju kurung dan celana hitam berbahan kain satin. Baju kurungnya sendiri biasanya punya warna yang mencolok, seperti hijau, kuning, merah, atau ungu.

6. Properti Tari

Tidak ada properti lain yang digunakan dalam tarian ini selain sehelai selendang yang biasa diletakan di bahu penarinya. Selendang yang bernama “Cokek” ini digunakan sebagai sarana mengundang tamu untuk ikut menari di atas panggung, sama seperti fungsi selendang pada tarian Jaipong asal Jawa Barat dan tari Gandrung Banyuwangi.

Nah, itulah sekilas penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang apresiasi tari Cokek asal Betawi. Hingga kini tari cokek masih kerap dipentaskan baik dalam acara-acara budaya maupun dalam acara kemasyarakatan Betawi, seperti pernikahan, khitan, dan lain sebagainya. Tertarik untuk mempelajari tarian ini?
Memberikan G+ atau Like adalah cara terbaik Anda untuk mensuport kami!

0 Response to "Tari Cokek Asal Betawi : Sejarah, Gerakan, Video, dan Penjelasannya"