Blog Adat Tradisional

10 Contoh Alat Musik Ritmis, Gambar, dan Keterangannya

Berdasarkan nada yang dihasilkannya, alat musik dibedakan menjadi 3 macam, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Nah, di artikel sebelumnya kita telah mengulas tentang 2 jenis alat musik tersebut, sehingga di artikel kali ini kita hanya akan membahas tentang apa itu pengertian alat musik ritmis dan contoh-contoh alat musik ritmis yang ada di dalam dunia seni musik.

Contoh Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada, bunyinya merupakan bunyi ritmis yang berfungsi untuk mengiringi alunan nada-nada melodis dan harmonis dan mengatur ritme musik. Secara umum, hampir semua alat musik ritmis merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik ritmis yang bisa ditemukan dalam pertunjukan seni musik.

Contoh Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada, bunyinya merupakan bunyi ritmis yang berfungsi untuk mengiringi alunan nada-nada melodis dan harmonis dan mengatur ritme musik.

1. Alat Musik Drum

Drum merupakan salah satu alat musik modern yang termasuk contoh alat musik ritmis. Dalam pertunjukan festival band, drum selalu ada untuk mengiringi lagu dan nada yang tengah dimainkan. Pemain drum disebut drummer. Alat musik ini dipukul pada bagian membrannya untuk menghasilkan tabuhan nyaring yang meramaikan.

2. Alat Musik Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari sebuah tabung bermembran kulit lembu. Kendang kerap dimainkan dalam pertunjukan wayang kulit, campur sari, kuda lumping, jaipong, dan beragam kesenian tradisional lainnya. Tabuhan kendang menghasilkan bunyi-bunyian ritmis yang menyemarakan pertunjukan-pertunjukan seni tersebut.


3. Alat Musik Rebana

Rebana adalah semacam kendang berukuran kecil yang kerap dimainkan dalam pertunjukan marawis. Berdasarkan sejarahnya, rebana diperkirakan berasal dari budaya Timur Tengah. Instrumen ini juga termasuk contoh alat musik ritmis karena tidak menghasilkan nada-nada khusus. Seperti halnya alat musik ritmis lainnya, rebana juga dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul di bagian membrannya.

4. Alat Musik Tifa

Tifa adalah sebuah alat musik tradisional Papua yang terbuat dari batangan kayu sebagai tabung suara dan kulit hewan sebagai membrannya. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk. Ia kerap dimainkan dalam pertunjukan tari tradisional Papua, acara-acara adat, dan saat pertunjukan seni tradisional Papua lainnya. Pada tabung kayu instrumen ini, kita dapat melihat beragam ukiran dan aksesoris yang menambah keunikan alat musik ini.

5. Alat Musik Triangle

Sesuai namanya, triangle adalah sebuah alat musik berbentuk segitiga yang terbuat dari batangan logam. Triangle dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul logam untuk menghasilkan bunyi nyaring sebagai pengiring ritme lagu. Instrumen ini jarang dimainkan karena perannya yang tidak terlalu penting dalam sebuah pertunjukan.

Contoh Alat Musik Ritmis

6. Alat Musik Tamborin

Tamborin adalah salah satu contoh alat musik ritmis yang cukup populer di Indonesia. Instrumen yang terbuat dari lempengan logam kecil yang disusun bertumpuk ini menghasilkan bunyi ketika diguncangkan. Bunyi yang dihasilkan tamborin biasanya hanya cocok untuk mengiring lagu atau musik yang berirama riang gembira.

7. Alat Musik Simbal

Simbal adalah alat musik berupa 2 lempeng logam tipis bundar yang direkatkan. Instrumen ini menghasilkan bunyi ketika lempeng logam tersebut ditepuk menggunakan tangan. Instrumen ini kerap melengkapi drum dan hanya digunakan sesekali saja untuk mengiringi tetabuhan drum.

8. Alat Musik Marakas

Marakas merupakan contoh alat musik ritmis yang sangat sederhana. Instrumen ini terbuat dari wadah logam berisi pasir. untuk menghasilkan bunyi ritmis, marakas diguncangkan sesuai dengan ritme dan tabuhan drum. Dalam pertunjukan musik pop, regee, atau jazz, marakas kerap dimainkan oleh para penyanyinya.

Contoh Alat Musik Ritmis

9. Alat Musik Kastanyet

Kastanyet adalah contoh alat musik ritmis yang kerap dimainkan untuk mengiringi lagu dan tarian khas Spanyol. Instrumen ini terbuat dari 2 kepingan kayu berbentuk cekung. Ia dimainkan dengan cara menepuk-nepukan kedua kepingan kayu untuk menghasilkan bunyi ritmis pengiring musik utama.

10. Alat Musik Timpani

Timpani adalah alat musik ritmis modern yang terbuat dari fiber cekung dan kulit hewan sebagai membrannya. Membran dipukul menggunakan mallet atau kayu pemukul yang berdiameter 2 cm untuk menghasilkan bunyi. Biasanya dalam sebuah pertunjukan, instrumen ini disediakan seperangkat dengan ukuran diameter yang berbeda-beda.

Nah, itulah ke sepuluh contoh alat musik ritmis beserta gambar dan keterangannya. Setelah membaca lengkap ketiga artikel kami, mulai dari alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis, Anda tentu sudah bisa membedakan ketiga jenis alat musik tersebut bukan? Jika ada pertanyaan, silakan sampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!
Memberikan G+ atau Like adalah cara terbaik Anda untuk mensuport kami!

0 Response to "10 Contoh Alat Musik Ritmis, Gambar, dan Keterangannya"